SMK Negeri 1 Bogor https://smkn1bogor.sch.id Menciptakan siswa yang kreatif, Inovatif, Siap Kerja, Berakhlak Mulia Wed, 04 Sep 2019 16:28:58 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.3 Luky Wiranda Duduki Peringkat Delapan Dunia https://smkn1bogor.sch.id/2019/09/04/luky-wiranda-duduki-peringkat-delapan-dunia/ Wed, 04 Sep 2019 16:28:58 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/?p=1012

SMKN1BOGOR – Satu lagi pelajar Kota Bogor torehkan prestasi di kancah internasional. Ya, Luki Wiranda siswa SMK Negeri 1 Kota Bogor, jurusan Multi Media, yang mewakili Indonesia dalam ajang World Skills Competition (WSC).

Secara mengejutkan Luki Wiranda berhasil meraih peringkat delapan tingkat dunia. Ia mengikuti lomba design grafis tingkat dunia, yang berlangsung di kota Kazan, Rusia, dari tanggal 22 hingga 29 Agustus 2019. Sebelum berangkat ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Luky mendatangi SMK Negeri 1 Kota Bogor, dan diterima oleh Kepala Sekolah serta jajaran para pengajar.

Kedatangannya disambut histeris rekan rekan kelasnya. Kepada masyarakat Kota Bogor Luky mengucapkan terima kasih atas doa dan restunya, sehingga ia berhasil membawa prestasi yang sangat membanggakan “Terima kasih kepada Kepala SMK Negeri 1 Kota Bogor, para guru pembimbing serta adik adik kelas saya yang terus memberikan dukungan dan motivasi kepada saya,  sehingga saya dapat berhasil meraih peringkat  delapan dalam ajang WSC ini,” tuturnya.

“Alhamdulillah berkart dorongan samangat dari orang tua, saya bertekad untuk menorehkan prestasi di tingkat dunia, walaupun saya hanya berada di peringkat ke delapan, tetapi itulah prestasi terbaik saya yang dapat saya persembahkan untuk bangsa Indonesia,” sambungnya.

Sementara itu, wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Nani Maryani menjelaskan, Luky diterima oleh kepala SMK Negeri 1 Kota Bogor, dalam penyambutannya  pada upacara bendera. “Setelah itu Luky langsung berangkat menuju ke Kementerian di Jakarrta, karena Luky harus melaporkan diri atas prestasi yang telah dicapainya kepada pak Menteri” kata Nani.

Selain laporan kepada Kemendikbud, Luky juga harus menyelesaikan kegiatan lain diantaranya penyerahan perlengkapan yang digunakan Luky, berupa laptop canggih yang kemarin digunakan Luky selama ikut lomba. “Laptop itu kini menjadi milik SMK Negeri 1 Kota Bogor, selain itu  yang sangat membanggakan, Luky juga langsung diterima kuliah di Universitas Bina Nusantara, melalui beasiswa,” kata Nani.

Nani juga menegaskan, seharusnya Luky diterima kuliah di ITB, namun karena waktunya bertepatan dengan keberangkatannya ke Rusia, sehingga masuk ITB di tunda. “Alhamdulillah dari pihak Universitas Bina Nusantara justru memberikan kesempatan kepada Luky untuk kuliah di Bina Nusantara melalui Beasiswa,” paparnya.

“Ada kerbanggaan kami atas prestasi yang diraih Luky. Sebagai pengabdiannya kepada sekolah, SMKN 1 Kota Bogor akan membuka ekstra kurikuler (eskul) baru yakni Eskul Disigen Grafis, dimana pembina Eskulnya, akan ditangani langsung oleh Luky sendiri. Semoga saja dengan Luky terjun langsung sebagai instruktur diharapkan akan muncul Luky Luky lain,  yang juga akan meraih prestasi di tingkat dunia,” katanya  (ber/ar/mam)

Sumber : http://www.metropolitan.id/2019/09/luki-wiranda-duduki-peringkat-delapan-dunia/
]]>
Siswi SMK Negeri 1 Kota Bogor Terbang ke Yunani https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/21/siswi-smk-negeri-1-kota-bogor-terbang-ke-yunani/ Wed, 21 Aug 2019 05:05:37 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/?p=995 METROPOLITAN.id – Setalah memberangkatkan Luki Wiranda, siswa SMK Negeri 1 Kota Bogor, jurusan Multi Media, ke ajang  Lomba Designgrafis, World Skills Competition (WSC) tingkat Dunia  di kota Kazan, Rusia. Kini satu lagi prestasi pelajar asal Kota Bogor yang kembali akan ‘menggoyang’ jagat hiburan, yakni Meissy Herawaty Eryana, Siswa kelas X, SMK Negeri 1 Kota Bogor, yang akan membawa misi kebudayaan Indonesia, ke kota Agrinio, Yunani.

Di tengah kesibukkan menjelang keberangkatannya ke Yunani, Meissy Herawaty Eryana, kepada Metropolitan menjelaskan,  keberangkatannya  ke  Kota Agrinio,  Yunani,   untuk membawa misi kebudayaan Indonesia dalam ajang 3th International Folkloric Festival, yang akan berlangsung tanggal 20 hingga 27 Agustus 2019, dimana Meissy akan membawakan tarian dari daerah Jawa Barat yaitu Jaipongan dengan  judul Subali Sugriwa.

“Selain tari Jipongan,  saya juga akan membawakan beberapa tari daerah Sunda klasik lainnya yakni,  Tari Merak, Tari Topeng, Tari Rahwana Sinta dan juga membawakan tema tarian bebas berjudul Mojang Priangan dimana tarian ini nantinya saya akan mengajak seluruh penonton di Yunani untuk bersama sama melantai,” kata Meissy.

Meissy juga menjelaskan “Membawa misi kebudayaan Indonesia keluar negeri, bukan kali pertama bagi saya, Tahun 2017 lalu, saya juga pernah membawa misi kebudyaan Indonesia ini, ke Taiwan, dan Alhamdulillah, untuk tahun 2019 ini, saya bersama sanggar komunitas, kembali diberikan  kepercayaan untuk mermbawa misi kebudayaan Indonesia ke Yunani” ungkapnya.

Wakil Kepala SMK Negeri 1 Kota Bogor bidang Humas, Nani Maryani, menjelaskan, untuk kesekian kali, siswa-siswi SMK Negeri 1 Kota Bogor, kembali menunjukkan prestasinya di tingkat dunia.

“Kenapa Meissy dalam misi kebudayaan Indonesia ini, membawakan aneka seni tari dari daerah Jawa Barat, mengingat Meissy memang orang Bogor yang kental dengan kebudayaan. Sehingga sangat pas sekali keberangkatannya ke Yunani, Meissy  sambil mempromosikan kebudayaan Indonesia khususnya Budaya Sunda,” kata Nani.

Nani menambahkan, Meissy masuk ke SMKN 1 Kota Bogor, dengan menggunakan Jalur Prestasi (Japres) bidang seni tari. Dirinya berharap, semoga dengan berangkatnya Meissy ke luar negeri dengan membawa misi kebudayaan, ini akan menjadi motivasi khusus bagi siswa siswi SMKN 1 Kota Bogor. “Sebagai pemacu agar mereka juga bisa berprestasi, baik di tingkat lokal, regional, nasional hingga ke tingkat internasional,” tandasnya. (ber/ar/suf)

]]>
Anugerah Atikan Jabar 2019 https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/20/anugerah-atikan-jabar-2019/ Tue, 20 Aug 2019 03:01:22 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/?p=964
  • Kategori : Atikan Jabar 2019
  • Tanggal Pelaksanaan : 25-11-2019
  • Lokasi : Halaman Depan Gedung Sate
  • Pelaksana Kegiatan : Bandung.
  • A. LATAR BELAKANG

    Indonesia merupakan negara dengan Sumber Daya Alam (SDA) berlimpah. Kekayaan yang dimiliki Bangsa Indonesia akan terus berkurang dan cenderung dimanfaatkan pihak-pihak lain (asing) bila tidak diimbangi oleh daya saing anak bangsa. Berdasarkan fenomena di atas, perlu dilakukan upaya-upaya untuk menumbuhkembangkan peran serta masyarakat dalam menanggulangi permasalahan yang ada. Untuk itu, perlu diselenggarakan kegiatan Lomba Karya “ANUGERAH ATIKAN JABAR” dengan tema “Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran di era Industri 4.0”.

    Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana para pemangku kepentingan (stakeholders) pendidikan saling bertukar pikir, asah, asih dan asuh untuk bersama memikirkan masa depan bangsa melalui pendidikan. Selain itu, lewat kegiatan ini stakeholders pendidikan dapat saling berkompetisi secara obyektif dan ilmiah untuk terus menelurkan ide-ide inovatif  bagi kemajuan Bangsa dan Negara.

    B. TUJUAN

    1. Sebagai sarana berkarya masyarakat yang peduli pendidikan di Jawa Barat;
    2. Menumbuhkan atmosfer riset di lingkungan Pendidikan Jawa Barat;
    3. Berperan serta aktif dalam membangun masyarakat yang kritis, inovatif dan berdaya saing.

    C. LOGO LOMBA DAN ARTINYA

    Arti dari Logo tersebut :

    1. Tulisan “ANUGERAH ATIKAN JABAR” melambangkan nama kegiatan;
    2. Logo A berbentuk Bintang dan menyiratkan tulisan “ATIKAN” melambangkan terdepan dalam bidang media Pendidikan;
    3. Bola yang mengorbit mengartikan kemampuan penguasaan teknologi.

    D. KATEGORI LOMBA

    Pada kegiatan ini mata lomba yang akan dilaksanakan yaitu:

    1. Whiteboard Animation for Digital Media at Classroom;
    2. Media Interaktif;
    3. Film Dokumenter;
    4. 3D Modelling;
    5. Visualisasi Pembelajaran AR;
    6. Produk Kreatif Pembelajaran Teknologi;
      1. Waste Recycle;
      2. Internet of Things;
      3. Robotika;
      4. Perikanan;
    7. Sekolah Berbasis TIK.

    E. PESERTA

    Peserta kegiatan ini, terdiri dari:

    1. Guru (perorangan);
    2. Peserta Didik Sekolah Menengah sederajat (perorangan/kelompok);
    3. Guru dan Peserta Didik Sekolah Menengah sederajat (kelompok);
    4. Satuan Pendidikan.

    F. JADWAL KEGIATAN

    Jadwal kegiatan adalah sebagai berikut :

    1. Sosialisasi : 14 Juli 2019
    2. Pendaftaran : 19 Agustus – 26 Agustus 2019
    3. Seleksi Berkas Pendaftaran : 27 – 31 Agustus 2019
    4. Pengumuman Seleksi Berkas : 01 September 2019
    5. Video Conference : 02 – 10 September 2019
    6. Waktu Pembuatan Karya : 11 September – 31 Oktober 2019
    7. Pengumpulan Produk Hasil Karya : 18 September – 31 Oktober 2019
    8. Seleksi Hasil Karya/Penjurian : 08 November – 15 November 2019
    9. Final Kegiatan : 23 – 24 November 2019
    10. Anugerah Atikan 2019 : 25 November 2019

     

    G. PENANGGGUNG JAWAB KEGIATAN

    1. Whiteboard Animation for Digital Media at Classroom : Cepy Wahyudin
    2. Media Interaktif : Hadi Darianto
    3. Film Pendek:
    – Kearifan Lokal
    – Pariwisata
    : Risca Nogalessa
    : Ani Nuraeni
    4. 3D Modelling : Faizal Arief Priatna
    5. Animasi Pembelajaran AR : Agung Purnomo
    6. Produk Kreatif Pembelajaran Teknologi:
    – Waste Recycle
    – Internet of Things
    – Robotika
    – Perikanan
    : Ramadin Tarigan
    : Ramadin Tarigan
    : Hendry Cahya Irawan
    : Rudi Haryadi
    7. Sekolah Berbasis TIK (SeBaTIK) : Tjetjep Rony Budiman

     

    H. TEMPAT KEGIATAN

    Halaman Gedung Sate

    I. KETENTUAN UMUM

    1. Peserta wajib melakukan pendaftaran melalui form yang bisa diakses melalui link FORM PENDAFTARAN (melampirakan surat pernyataan dari kepala sekolah)
    2. Persyaratan administrasi harus sesuai dengan ketentuan masing-masing lomba (periksa ketentuan masing-masing lomba);
    3. Peserta wajib mengikuti Video Conference yang telah dijadwalkan oleh panitia lomba tentang penjelasan teknis lomba;
    4. Peserta wajib terdaftar pada Massive Open Online Course (MOOC) Tikomdik untuk memperoleh informasi mengenai materi lomba;
    5. Massive Open Online Course (MOOC) Tikomdik digunakan untuk komunikasi antara Trainer dan Peserta;
    6. Peserta wajib mengikuti MOOC Tikomdik sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh panitia lomba;
    7. Massive Open Online Course (MOOC) Tikomdik digunakan untuk mengunggah hasil karya lomba;
    8. Hasil karya berupa produk/alat peraga/prototype harus dikirimkan ke Tikomdik;

    I.1. Proses Pendaftaran dan Pengiriman Karya:

    1. Pendaftaran dan pengumpulan karya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2019 sampai dengan 31 Oktober 2019;
    2. Pengumuman karya yang lolos pada tanggal 15 November 2019. Panitia akan memilih 6 (enam) karya yang akan diseleksi ulang. Peserta dapat melihat finalis lomba pada laman Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menu TIKOMDIK;
    3. Saat Final Lomba, peserta yang lolos wajib membawa hasil karya berupa CD/DVD/Produk/Alat Peraga/Prototype;
    4. Presentasi hasil karya pada tanggal 23 – 24 November 2019;
    5. Pengumuman pemenang karya pada tanggal 25 November 2019.

    I.2. Teknis MOOC (Massive Open Online Course)

    Pelaksanaan lomba Anugerah Atikan 2019 mensyaratkan peserta lomba untuk melakukan:

    1. Pendaftaran melalui website MOOC Tikomdik;
    2. Mengikuti MOOC Tikomdik minimal 90% sesuai jadwal yang telah ditentukan;
    3. Berinteraksi dengan Trainer MOOC Tikomdik untuk pembahasan Materi Lomba agar hasil karya yang dihasilkan bermanfaat bagi yang membutuhkan;
    4. Mengunggah dokumen persyaratan administrasi, deskripsi hasil karya yang akan dibuat baik dokumen maupun video pembuatannya;

    I.3. Teknis Video Conference

    Tahapan Lomba ATIKAN dimulai dari:

    1. Pendaftaran Lomba
    2. Bergabung dengan Vicon sesuai dengan nama yang terdaftar
    3. Vicon dengan Trainer
    4. Mengikuti MOOC Tikomdik sesuai mata lomba

    informasi lebih lanjut hubungi :

    +62 857-9705-1518 (Whtasapp Chat Only)

    ]]>
    SMKN 1 Bogor Gelar Upacara HUT ke-74 RI https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/19/smkn-1-bogor-gelar-upacara-hut-ke-74-ri/ Mon, 19 Aug 2019 02:05:45 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/baru/?p=951

    Bogor – Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, SMKN 1 Bogor menggelar upacara bendera di Lapangan SMKN 1 Bogor, Sabtu (17/8/2019).

    Ada yang spesial dalam pelaksanaan upacara HUT RI Ke 74 di SMKN 1 Bogor kali ini yakni selaku Pembina Upacara adalah bapak Camat Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Yaitu R. Asep Kartiwa, SE. Adapun peserta upacara kali ini adalah

    1. MUSPIKA, Lurah
    2. Ormas/OKP
    3. Babinsa
    4. Babinmas
    5. GURU dan TU SMKN 1.BOGOR
    6. SISWA KELAS X AK 1, 2, 3
    7. Staf kecamatan dan Staf Kelurahan.

    Pada Acara Upacara yang yang diselenggarakan di Lapangan SMKN 1 Bogor itu pasukan Paskibra Tarus Bawa Muda melaksanakan pengibaran bendere dengan sangat baik. Upacara berlangsung dengan sangat khidmat dengan membacakan teks proklamasi oleh bapak camat Tanah Sareal.

    ]]>
    Presiden Jokowi: Pembangunan SDM Perlu Sistem Pendidikan yang Adaptif https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/07/presiden-jokowi-pembangunan-sdm-perlu-sistem-pendidikan-yang-adaptif/ https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/07/presiden-jokowi-pembangunan-sdm-perlu-sistem-pendidikan-yang-adaptif/#respond Wed, 07 Aug 2019 01:45:38 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/baru/?p=615 Jakarta, Kemendikbud — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang adaptif dengan perkembangan zaman. Karenanya, reformasi dalam hal tersebut sudah saatnya dilakukan. Hal tersebut disampaikan Presiden saat memberikan pengantar pada sidang penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 di Istana Negara, Jakarta, (5/8/2019).

    “Reformasi di bidang pendidikan dan pelatihan adalah menjadi kunci baik pelatihan vokasi maupun pendidikan vokasi,” ucap Presiden Joko Widodo.

    Presiden memandang bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkelanjutan adalah fokus penggunaan anggaran negara di tahun 2020 mendatang. Ia menginginkan agar SDM Indonesia memiliki daya saing terhadap persaingan global.

    “Ini (investasi SDM) tidak bisa ditunda-tunda lagi karena pembangunan SDM memerlukan kehadiran negara. Oleh karena itu, sejak mulai dari kandungan, bayi, sampai anak-anak kita memasuki masa emas harus betul-betul diperhatikan jangan sampai ada angka kenaikan stunting,” ujar Presiden Jokowi.

    Presiden berpesan agar ada peningkatan kualitas dan kuantitas riset dan inovasi yang dihasilkan di negara kita. Badan Riset Nasional diharapkan dapat menjadi solusi bagi kemajuan negara di di sektor penelitian.

    “Perlu saya sampaikan sekali lagi bahwa Badan Riset Nasional harus segera diselesaikan sehingga kita tidak tertinggal dalam era disrupsi teknologi sekarang ini,” kata Presiden. (Shahwin Purnomo Aji).
    Sumber : setpres.setneg.go.id

    ]]>
    https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/07/presiden-jokowi-pembangunan-sdm-perlu-sistem-pendidikan-yang-adaptif/feed/ 0
    Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Penanaman Nilai Pancasila https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/07/penguatan-pendidikan-karakter-melalui-penanaman-nilai-pancasila/ https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/07/penguatan-pendidikan-karakter-melalui-penanaman-nilai-pancasila/#respond Wed, 07 Aug 2019 01:38:18 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/baru/?p=612 Jakarta, Kemendikbud — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, menekankan pentingnya aspek penanaman nilai Pancasila untuk pembentukan pendidikan karakter. Ia mengimbau bahwasannya semua pendidikan mempunyai tanggung jawab moral untuk penanaman nilai Pancasila sedini mungkin. Hal tersebut disampaikan Mendikbud saat membuka kegiatan Peluncuran Program Penanaman Nilai Pancasila Sebagai Wahana Pembangunan Watak Bangsa (Nation and Character Building), di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (10/07/2019).

    Kegiatan tersebut sebagai upaya implementasi terhadap penyempurnaan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Mendikbud mengatakan, saat ini kurang teakomodasinya pembelajaran Pancasila. Mata pelajaran PPKN dinilai hanya sebagai mata pelajaran semata, bukan sebagai pembentukan nilai atau karakter pancasila.

    ‘’Sikap itu dibentuk melalui penanaman nilai. Ada tiga bentuk problematika nilai, yang pertama adalah kebenaran, hal tersebut menjadi wilayah logika antara benar atau salah. Yang kedua adalah baik atau buruk, hal ini dilihat berdasarkan etika atau tingkah laku. Lalu yang terakhir adalah keindahan, ini meliputi aspek estetika’’ ujar Mendikbud

    Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Haryono, mengungkapkan pendapatnya dalam diskusi mengenai strategi pembudayaan Pancasila sebagai falsasah dan ideologi bangsa. Menurutnya, pendidikan Pancasila bukan hanya tanggung jawab guru Pancasila saja, melainkan tanggung jawab semua warga Indonesia.

    ‘’Pancasila merupakan pendidikan berkualitas untuk semua bangsa Indonesia. Pancasila adalah ideologi masa depan, harapan bangsa. Kerugian terbesar menjadi seorang warga negara adalah bukan hilangnya kekayaan ekonomi, bukan matinya para pahlawan bangsa, tapi hilangnya karakter manusia nusantara yang memiliki mental merdeka.’’ Tegas Haryono.

    Kegiatan tersebut diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap penguatan karakter melalui nilai Pancasila dan menyadarkan masyarakat pentingnya menanamkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (Alfia Nur Rosmelia/Anandes Langguana)

    ]]>
    https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/07/penguatan-pendidikan-karakter-melalui-penanaman-nilai-pancasila/feed/ 0
    SMKN 1 Bogor Luncurkan Edu Travel https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/05/smkn-1-bogor-luncurkan-edu-travel/ https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/05/smkn-1-bogor-luncurkan-edu-travel/#respond Mon, 05 Aug 2019 09:47:53 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/baru/?p=603 BOGOR – RADAR BOGOR,Mengusung pola industri 4.0, SMKN 1 Kota Bogor meluncurkan program Edu Travel untuk bidang kompetensi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) pertama di Indonesia.

    Dikatakan Kepala Bidang Program UPW SMKN 1 Kota Bogor, Carwi, program ini merupakan hasil kerjasama bersama rekanan pengembangan industri parwisata nasional.

    “Konsep programnya sendiri mengarah kepada teaching factory bidang pariwisata. Di mana di sekolah mulai hari ini dibuka layanan perjalanan wisata, dengan tujuan domestik hingga internasional,” kata Carwi kepada Radar Bogor seusai peluncuran Edu Travel Harmony, Jumat (29/3).

    Sambung Carwi, dalam program tersebut memungkinan para peserta didik, terutama bidang pariwisata melakukan kegiatan pelayanan, perancangan, dan pelaksanaan.

    “Nantinya setiap hari akan disediakan dua orang murid, sebagai petugas piket. Di mana metode ini sejalan dengan proses implementasi teaching factory dalam kurikulum 2013 SMK,” tutur Carwi.

    Sementara itu, Kepala Harmoni Tours and Travel, Anton Rivaldi mengatakan jalinan kerjasama ini merupakan proyek edukasi bisnis pariwisata di sekolah.

    “Semua pelayanan tersinkronisasikan dengan semua kebutuhan, guna melakukan perjalanan. Selain itu, para murid nantinya akan bertugas menjadi guide para wisatawan,” ungkapnya.

    Di tempat yang sama, Wakasek Humas SMKN 1 Bogor, Nani Maryani mengatakan, untuk ke depannya pihaknya akan mencoba sosialisasi dan penyebaran bagi masyarakat.

    “Layanan ini terbuka untuk umum ataupun internal sekolah. Dengan harapan adanya program ini menjadi salah satu media pembelajaran anak mengenal lebih jelas kondisi serta teknis bidang industri parwisata,” harapnya, yang diamini PLT Kepala SMKN 1 Bogor, Uus Sukmara. (wil/c)

    SMKN 1 Bogor Luncurkan Edu Travel

    ]]>
    https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/05/smkn-1-bogor-luncurkan-edu-travel/feed/ 0