SMK Negeri 1 Bogor https://smkn1bogor.sch.id Menciptakan siswa yang kreatif, Inovatif, Siap Kerja, Berakhlak Mulia Wed, 13 May 2020 05:40:04 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.5.3 Beri Kemudahan, PPDB 2020 SMA/SMK dan SLB di Jabar Siap Digelar! https://smkn1bogor.sch.id/2020/05/13/beri-kemudahan-ppdb-2020-sma-smk-dan-slb-di-jabar-siap-digelar/ Wed, 13 May 2020 05:40:04 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/?p=1203 BANDUNG, DISDIK JABAR – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat (Jabar) siap digelar. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini pendaftaran diyakini lebih mudah karena dilakukan sepenuhnya dalam jaringan (online) serta dibuka dalam dua tahap, yakni pada 8-12 Juni dan 25 Juni hingga 1 Juli 2020.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika menjelaskan, berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB pada SMA, SMK, dan SLB Tahun 2020 di Provinsi Jawa Barat, PPDB jenjang SMA terbagi menjadi empat jalur, yakni jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi.

Tiap jalur pendaftaran memiliki persentase kuota yang berbeda. Untuk SMA, jalur zonasi minimal 50%, afirmasi minimal 20%, perpindahan maksimal 5%, dan prestasi sisa kuota (maksimal 25%).

Sedangkan PPDB di SMK terbagi tiga jalur. Yakni, jalur afirmasi, perpindahan orang tua, jalur prestasi rapor umum, jalur prestasi rapor unggulan/kelas industri, dan prestasi kejuaraan. Untuk PPDB SMK tidak menerapkan sistem zonasi.

Adapun persentase kuota penerimaan SMK, yaitu untuk jalur afirmasi 20%, perpindahan orang tua 5%, prestasi rapor umum 40%, prestasi rapor unggulan/kelas industri 30%, dan prestasi kejuaraan 5%.

Untuk PPDB SLB, Kadisdik menyatakan tidak menerapkan jalur pendaftaran. Pendaftaraan dilakukan secara daring atau online, kecuali untuk SLB. Pendaftaran dilakukan secara luring (offline). Bagi calon peserta didik yang terkendala akses internet, dapat meminta bantuan sekolah asal.

Pada PPDB SMA, Kadisdik menjelaskan, tahap pendaftaran pertama diperuntukkan bagi jalur afirmasi, perpindahan, dan prestasi. Sedangkan tahap pendaftaran kedua diperuntukkan bagi calon peserta didik yang akan mendaftar melalui jalur zonasi. “Jadi, bagi yang tidak diterima di sekolah tujuan saat pendaftaran pertama, bisa mendaftar pada tahap kedua dari jalur zonasi,” jelasnya.

Sedangkan PPDB SMK, lanjut Kadisdik, tahap pendaftaran pertama diperuntukkan bagi jalur afirmasi, perpindahan, dan prestasi unggulan/kelas industri serta prestasi kejuaraan. Tahap pendaftaran kedua diperuntukkan bagi jalur prestasi nilai rapor. Untuk SMK, tidak menggunakan jalur zonasi

“Pendaftaran PPDB di TKLB, SDLB, SMPLB, dan SMALB juga dilaksanakan bersamaan dengan PPDB SMA dan SMK. Pendaftaran calon peserta didik SLB bisa dilakukan secara luring oleh SLB asal,” jelas Kadisdik.

Optimalkan Informasi Teknologi

Kadisdik mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai hal dalam menggelar PPDB sekarang. Salah satunya, dengan memperkuat jaringan teknologi informasi (TI) yang selama ini sering menjadi pemicu persoalan.

“Kami sudah meningkatkan bandwith server kami, dedicated 1 gbps,” ungkap Dewi, saat menggelar jumpa pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (11/5/2020). Dengan kapasitas internet sebesar itu, Kadisdik optimistis proses pendaftaran siswa berjalan lancar, terutama saat mengunduh dan mengunggah berkas-berkas persyaratan.

Kadisdik memastikan, peningkatan bandwith ini penting mengingat saat ini proses PPDB untuk SMA/SMK sepenuhnya dilakukan dalam jaringan (online). Inipun sesuai Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 yang mengharuskan protokol kesehatan menjadi dasar pelaksanaan PPDB sehingga tidak menimbulkan kerumunan orang.

“Sekarang kan lagi pandemi corona, jadi kita harus kedepankan protokol Covid-19,” ujar Kadisdik, sambil menambahkan, calon peserta didik yang terkendala akses internet dapat meminta bantuan sekolah asal. Dengan begitu, tidak ada penyerahan fisik dokumen persyaratan karena semuanya dilakukan secara online.

Kadisidik menyampaikan, data-data yang diperlukan panitia sekolah bisa diunduh melalui situs https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id dan http://disdik.jabarprov.go.id. “Diunduh dari data base website PPDB yang bersumber dari sekolah SMP/MTs. asal,” tuturnya.

Ditetapkan Satuan Pendidikan

Kadisdik memaparkan, peraturan yang mendasari PPDB tahun ini adalah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010; Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 44 Tahun 2019 dan Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 dan 4 Tahun 2020; SE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2020; SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020; Pergub Nomor 37 Tahun 2020; dan Juknis Nomor 422/5794-set.disdik. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, penyelenggaraan PPDB menjadi tanggung jawab satuan pendidikan melalui rapat dewan guru.

Demikian pula keputusan penerimaan peserta didik diserahkan sepenuhnya kepada satuan pendidikan melalui rapat dewan guru yang disetujui oleh kepala sekolah. Dinas Pendidikan hanya mengoordiniasi kegiatan PPDB di tingkat provinsi. “Penetapan peserta didik baru ditentukan melalui rapat dewan guru dan ditetapkan dengan surat keputusan kepala sekolah,” paparnya.

Menjaga Protokol Kesehatan

Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, tambah Kadisdik, pelaksanaan PPDB 2020 akan dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan, sesuai Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020.

“Protokol kesehatan jadi dasar sehingga tidak ada kerumunan kegiatan pendaftaran PPDB yang ada di sekolah serta tidak ada penyerahan dokumen persyaratan yang dilaksanakan pada masa pandemi. Data yang diperlukan panitia sekolah akan diunduh dari data base website PPDB yang bersumber dari sekolah SMP/MTs. asal,” tuturnya.

Penyerahan dokumen persyaratan, lanjutnya, dilaksanakan saat pendaftaran ulang setelah pengumuman penerimaan, disesuaikan dengan kondisi masa darurat Covid-19. “Untuk itu, dituntut kejujuran calon peserta didik atau orang tua dalam mengisi data di website PPDB. Jangan sampai terjadi pemberian sanksi jika data yang diberikan tidak benar,” tegas Kadisdik.

Demikian pula rapat penetapan kelulusan di sekolah dilakukan secara daring, apabila masa darurat Covid-19 belum berakhir. Kadisdik menegaskan, meskipun dalam situasi pandemi saat ini, pihaknya akan terus memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal bagi masyarakat. Khususnya untuk mewujudkan lima prinsip PPDB, yakni nondiskriminatif, objektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan.

“Kita akan berusaha sebaik mungkin agar PPDB ini berjalan lancar dan mampu mewujudkan tujuan PPDB sebagai perluasan akses layanan pendidikan dan pemerataan mutu pendidikan,” tegasnya.

Sosialisasi PPDB dilakukan melalui website PPDB 2020, https://ppdb.disdik.jabarprov.go.id dan http://disdik.jabarprov.go.id serta media sosial resmi Disdik Jabar.

Kadisdik berharap, semua pihak bisa mendukung PPDB secara normatif agar pelaksanaannya sesuai aturan yang berlaku.

]]>
Virus Corona https://smkn1bogor.sch.id/2020/03/17/virus-corona/ Tue, 17 Mar 2020 05:30:44 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/?p=1134 Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayianak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Gejala Virus Corona

Infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan sakit kepala; atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Namun, secara umum ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:

Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

Kapan harus ke dokter

Segera ke dokter bila Anda mengalami gejala infeksi virus Corona (COVID-19) seperti yang disebutkan di atas, terutama jika gejala muncul 2 minggu setelah kembali dari daerah yang memiliki kasus COVID-19 atau berinteraksi dengan penderita infeksi virus Corona.

Bila Anda mungkin terpapar virus Corona namun tidak mengalami gejala apa pun, Anda tidak perlu pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan diri, cukup tinggal di rumah selama 14 hari dan membatasi kontak dengan orang lain.

Alodokter juga memiliki fitur untuk membantu Anda memeriksa risiko tertular virus Corona dengan lebih mudah. Untuk menggunakan fitur tersebut, silakan klik gambar di bawah ini.

Penyebab Virus Corona

Infeksi virus Corona atau COVID-19 disebabkan oleh coronavirus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Pada sebagian besar kasus, coronavirus hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Ada dugaan bahwa virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa virus Corona juga menular dari manusia ke manusia.

Seseorang dapat tertular COVID-19 melalui berbagai cara, yaitu:

  • Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID-19
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19
  • Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan

Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi efeknya akan lebih berbahaya atau bahkan fatal bila terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang sedang sakit, atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

Diagnosis Virus Corona

Untuk menentukan apakah pasien terinfeksi virus Corona, dokter akan menanyakan gejala yang dialami pasien. Dokter juga akan bertanya apakah pasien bepergian ke daerah yang memiliki kasus infeksi virus Corona sebelum gejala muncul.

Guna memastikan diagnosis COVID-19, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan berikut:

Pengobatan Virus Corona

Infeksi virus Corona atau COVID-19 belum bisa diobati, tetapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dokter untuk meredakan gejalanya dan mencegah penyebaran virus, yaitu:

  • Merujuk penderita COVID-19 untuk menjalani perawatan dan karatina di rumah sakit yang ditunjuk
  • Memberikan obat pereda demam dan nyeri yang aman dan sesuai kondisi penderita
  • Menganjurkan penderita COVID-19 untuk istirahat yang cukup
  • Menganjurkan penderita COVID-19 untuk banyak minum air putih untuk menjaga kadar cairan tubuh

Komplikasi Virus Corona

Pada kasus yang parah, infeksi virus Corona bisa menyebabkan beberapa komplikasi serius berikut ini:

Pencegahan Virus Corona

Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus ini, yaitu:

  • Hindari bepergian ke tempat-tempat umum yang ramai pengunjung.
  • Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
  • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
  • Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
  • Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya.
  • Masak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
  • Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.
  • Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan.

Untuk orang yang diduga terkena COVID-19, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar virus Corona tidak menular ke orang lain, yaitu:

  • Jangan keluar rumah, kecuali untuk mendapatkan pengobatan.
  • Periksakan diri ke dokter hanya bila Anda mengalami gejala atau keluhan.
  • Usahakan untuk tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. Bila tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain.
  • Larang dan cegah orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk Anda sampai Anda benar-benar sembuh.
  • Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit.
  • Hindari berbagi penggunaan alat makan dan minum, alat mandi, serta perlengkapan tidur dengan orang lain.
  • Pakai masker dan sarung tangan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain.
  • Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah.

Sumber :  https://www.alodokter.com/virus-corona

 

]]>
PT. Xerography Indonesia Bekerja Sama Dengan BKK SMKN 1 Bogor Melaksanakan Kegiatan Tes Rekruitment Siswa Siswi Kelas XII SMKN 1 BOGOR https://smkn1bogor.sch.id/2020/02/24/pt-xerography-indonesia-bekerja-sama-dengan-bkk-smkn-1-bogor-melaksanakan-kegiatan-tes-rekruitment-siswa-siswi-kelas-xii-smkn-1-bogor/ Mon, 24 Feb 2020 09:26:10 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/?p=1113 Bogor – Senin, 24 Februari 2020 dilaksanakan dengan acara Pengenalan Perusahaan oleh Store Leader, Bu Yanti, dilanjutkan Sesi Tes Rekruitmen yang sepenuhnya dilaksanakan oleh pihak PT XGRAFIS sebanyak 7 orang dengan jumlah peserta yang mengikuti tes sebanyak 142 siswa kelas 12 semua Kompetensi Keahlian yang terdiri dari :

Jumlah peserta tes :
12 AK 1 = 18 org
12 AK 2 = 12 org
12 MM 1 = 15 org
12 MM 2 = 11 org
12 AP = 58 org
12 PM2= 10 orang
12 PM3=17 org
12 UPW = 1 org

Penanggungjawab Kegiatan BKK adalah Plt. KS PAK DRS. JOKO MUSTIKO

KOORDINATOR WAKA HUBIN DAN HUMAS, Nani Maryani dan Ketua BKK SMKN1 Bogor, Mutiara Iriani dan Team BKK SMKN1 Bogor

]]>
SMKN 1 Bogor Gelar PROTECT OUR PLANET (POP) https://smkn1bogor.sch.id/2019/12/24/smkn-1-bogor-gelar-protect-our-planet-pop/ Tue, 24 Dec 2019 16:45:14 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/?p=1089

Bogor – Dalam mengisi waktu setelah (PAS) Penilaian Akhir Semester. SMKN 1 Bogor menggelar acara Protect Our Planet (POP), dan ini merupakan program rutin tahunan kesiswaan, dan sudah 6 tahun ini SMKN 1 Bogor, dimana sebelumnya telah berhasil meraih perolehan Adiwi­yata mandiri. Acara ini dibuka KCD wilayah II Depok dan Kota Bogor.

Humas SMKN 1 Bogor Nani Maryani mengatakan,kegiatan ini merupakan mo­mentum untuk mengajak siswa dalam men­jaga lingkungannya. Dengan jalan sehat, jalan sepeda dan operasi semut sekitar SMKN 1 Bogor.

Ini sesuai dengan ko­mitmen pihak sekolah untuk menggelar kegiatan berbasis lingkungan.

“Kami berusaha mendorong kegiatan po­sitif ini untuk mempertahankan pernghar­gaan lingkungan,”tuturnya.

Adapun maksud dan tujuannya adalah agar siswa memahami bagaimana cara menjaga bumi sehingga tetap segar, bersih dan asri, oleh karena itu kami membuat program agar siswa peduli dan mencintai lingkungan.

baik itu di sekolah, maupun di masyarakat. ”Saya berharap kegiatan ini dapat diaplika­sikan oleh siswa, terkait bagaimana cara men­jaga lingkungannya, sehingga anak nantinya akan ada perubahan secara signifikan, serta tidak menggunakan alat-alat yang menyebab­kan polusi ”ungkap Nani.

KCD Wilayah II Depok dan Bogor, Aang mengatakan “Kedepan dengan majunya tehnologi Revolusi 4.0 anak-anak dituntut untuk berinovasi dan berkreatifitas, bisa memanfaatkan kemajuan tehnologi dalam berusaha seperti membuat aplikasi juga menjadi youtuber itu peluang-peluang usaha yang sangat menjanjikan,”terangnya. Dan memang SMK itu dipersiapkan untuk bekerja, kemudian berwirausaha dan melanjutkan dan saya ingin lulusan SMKN 1 Kota Bogor memenuhi 3 hal tersebut, tambahnya. Aang juga berpesan agar anak-anak bijak dalam menggunakan tehnologi, jangan mudah terpancing dan mudah terhasut ajakan yang tidak baik, sebagai pelajar fokus belajar untuk masa depan. “Bersosialisasi boleh tapi harus hati-hati, kita harua cermati apa itu radikalisme, radikalisme itu ajakan untuk membenci suatu kelompok lain, agama lain, bahkan membenci pemerintah, membenci kebijakan sekolah. Saya berpesan agar hati hati dalam bersosialisasi atau bergaul cermati jangan samlai terpapar radikalisme jadi fikuslah belajar dan belajar,”pesan Aang.

Kegiatan POP juga dimeriahkan dengan penampilan para siswa diajang pentas seni dan kemeriahan semakin menjadi dengan hadirnya Bintang Tamu Lyla Band,TOMSKATE juga didukung beberapa sponsor salah satunya adalah Wardah Kosmetik.

]]>
Softskill Penguatan Karakter Lulusan SMKN 1 Bogor Menuju Dunia Kerja di Era Milenial bersama Ikaluni Heulang https://smkn1bogor.sch.id/2019/12/16/softskill-penguatan-karakter-lulusan-smkn-1-bogor-menuju-dunia-kerja-di-era-milenial-bersama-ikaluni-heulang/ Mon, 16 Dec 2019 16:09:22 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/?p=1065 Bogor, Heulang – Selain menguasai bidang kompetensi nya, lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) perlu membekali diri dengan soft skill. Salah satunya, bagaimana menghadapi tantangan dunia industri / dunia kerja yang seiring dengan perkembangan teknologi. Dengan adanya tantangan tersebut SMKN 1 Bogor mengadakan program Softskill yang bertemakan “Penguatan Karakter Lulusan SMKN 1 Bogor Menuju Dunia Kerja di Era Milenial”. Kegiatan ini diselenggarakan atas program kerja Hubinmas dan BKK SMKN 1 Bogor yang di pimpin oleh Wakil Kepala Hubinmas SMKN 1 Bogor ibu Nani Maryani, S.Pd . Selain itu acara ini juga dapat sukses diselenggarakan berkat kerjasamanya pihak sekolah dengan Ikatan Alumni SMKN 1 Bogor (Ikaluni) dengan mengundang alumni-alumni yang sudah mencapai kesuksesan dalam bidang kompetensi yang digelutinya saat ini. berikut adalah adalah  nama alumni yang diundang sekaligus menjadi narasumber dalam acara softskill tersebut.

  1. Yuniawati, SE, M.Ak
  2. Rachmat Hidayat
  3. Meliani, SE,BKP
  4. Yustian
  5. Anton

diharapkan dengan adanya transfer ilmu dan pengalaman dari alumni-almuni tersebut pihak sekolah mengharapkan peserta didiknya untuk mampu memilih karir, memasuki lapangan kerja, berkompetisi, dan mengembangkan dirinya dengan sukses di lapangan kerja yang cepat berubah dan berkembang. Perubahan dan perkembangan dunia kerja tersebut menuntut lulusan SMK mempunyai hard skills dan soft skills yang memenuhi tuntutan pekerjaan.

 

SMK Negeri 1 Bogor adalah salah satu sekolah menengah kejuruan di wilayah Kota Bogor yang berlokasi di jalan Heulang No.6 Kelurahan Tanah Sareal Kota Bogor. SMK Negeri 1 Bogor mempunyai tanggung jawab yang besar dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras didalam perubahan teknologi. SMK Negeri 1 ini setiap tahun memiliki sekitar 1.300 siswa yang tersebar di 5 (lima) paket keahlian, yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring dan Pemasaran, Multimedia, dan Usaha Perjalanan Wisata.

Secara teknis (hard skills) para guru SMK Negeri 1 Bogor telah mempersiapkan lulusannya untuk dapat memasuki dunia kerja. Lulusan SMK Negeri 1 Bogor tergantung jurusan yang dipilihnya, mendapatkan mata pelajaran yang dibutuhkan baik secara teoretis maupun praktis. Selain itu, sebelum lulus para siswa melaksanakan magang di suatu perusahaan atau institusi. Namun, kenyataannya lulusan SMK termasuk SMKN 1 Bogor harus berkompetisi dengan lulusan perguruan tinggi program diploma bahkan sarjana untuk mendapatkan pekerjaan. Kondisi tersebut membuat menjadi tantangan besar bagi lulusan SMKN 1 Bogor saat lulus nanti.

Berdasarkan kondisi tersebut Kepala Sekolah SMKN 1 dan panitia serta ketua pelaksana kegiatan berinisiasi untuk mengadakan kegiatan berupa pelatihan. Pelatihan ini diikuti oleh siswa SMKN 1 kelas 3 untuk mendapatkan pembekalan berupa motivasi dan pemahaman tentang soft skills (soft competency) untuk persiapan memasuki dunia kerja

 

]]> Guru SMKN 1 BOGOR Menuju Prancis https://smkn1bogor.sch.id/2019/11/19/guru-smkn-1-bogor-menuju-prancis/ Tue, 19 Nov 2019 09:54:31 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/?p=1052 Bogor – Kabar membanggakan datang dari SMKN 1 Kota Bogor. Mereka kembali menunjukkan prestasinya. Bukan hanya siswa-siswinya, para guru pun mampu menembus prestasi dunia. Charwi, guru di SMKN 1 Kota Bogor yang juga Ketua Jurusan Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) berangkat ke Prancis. Keberangkatannya ini lantaran ia lolos seleksi kegiatan peningkatan potensi tenaga pendidik di Prancis.

“Saya mengikuti seleksi yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi tenaga pengajar di Jawa Barat, khususnya guru kejuruan. Adapun kualifi­kasi penilaiannya meliputi guru berprestasi di tingkat kota dan provinsi,” katanya.

“Sebelumnya, saya telah memiliki sertifikat prestasi juara 1 tingkat Kota Bogor dan juara 3 tingkat provinsi. Di samping tuntutannya mengua­sai bahasa Inggris dan memiliki visi misi ke depan serta tujuan dari program pembelajaran setalah mengikuti proses belajar di Prancis,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala SMKN 1 Kota Bogor, Johni Alwis, menyambut baik prestasi yang diraih salah satu tenaga pendidik di sekolahnya. “Saya merasa bangga seorang guru SMKN 1 Kota Bogor bisa lolos seleksi menuju Prancis. Kegiatan ini tentu untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan menggali pengalaman di luar negeri,” katanya.

“Lolosnya Bu Charwi merupakan prestasi tersendiri bagi kami keluarga besar SMK Negeri 1 Kota Bogor. Karena itu capaian prestasi yang membanggakan. Mulai dari siswa-siswi sampai gurunya telah membuktikan bahwa SMKN 1 Kota Bogor siap bersaing di tingkat internasional,” sambungnya.

]]>
Luky Wiranda Duduki Peringkat Delapan Dunia https://smkn1bogor.sch.id/2019/09/04/luky-wiranda-duduki-peringkat-delapan-dunia/ Wed, 04 Sep 2019 16:28:58 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/?p=1012

SMKN1BOGOR – Satu lagi pelajar Kota Bogor torehkan prestasi di kancah internasional. Ya, Luki Wiranda siswa SMK Negeri 1 Kota Bogor, jurusan Multi Media, yang mewakili Indonesia dalam ajang World Skills Competition (WSC).

Secara mengejutkan Luki Wiranda berhasil meraih peringkat delapan tingkat dunia. Ia mengikuti lomba design grafis tingkat dunia, yang berlangsung di kota Kazan, Rusia, dari tanggal 22 hingga 29 Agustus 2019. Sebelum berangkat ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Luky mendatangi SMK Negeri 1 Kota Bogor, dan diterima oleh Kepala Sekolah serta jajaran para pengajar.

Kedatangannya disambut histeris rekan rekan kelasnya. Kepada masyarakat Kota Bogor Luky mengucapkan terima kasih atas doa dan restunya, sehingga ia berhasil membawa prestasi yang sangat membanggakan “Terima kasih kepada Kepala SMK Negeri 1 Kota Bogor, para guru pembimbing serta adik adik kelas saya yang terus memberikan dukungan dan motivasi kepada saya,  sehingga saya dapat berhasil meraih peringkat  delapan dalam ajang WSC ini,” tuturnya.

“Alhamdulillah berkart dorongan samangat dari orang tua, saya bertekad untuk menorehkan prestasi di tingkat dunia, walaupun saya hanya berada di peringkat ke delapan, tetapi itulah prestasi terbaik saya yang dapat saya persembahkan untuk bangsa Indonesia,” sambungnya.

Sementara itu, wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Nani Maryani menjelaskan, Luky diterima oleh kepala SMK Negeri 1 Kota Bogor, dalam penyambutannya  pada upacara bendera. “Setelah itu Luky langsung berangkat menuju ke Kementerian di Jakarrta, karena Luky harus melaporkan diri atas prestasi yang telah dicapainya kepada pak Menteri” kata Nani.

Selain laporan kepada Kemendikbud, Luky juga harus menyelesaikan kegiatan lain diantaranya penyerahan perlengkapan yang digunakan Luky, berupa laptop canggih yang kemarin digunakan Luky selama ikut lomba. “Laptop itu kini menjadi milik SMK Negeri 1 Kota Bogor, selain itu  yang sangat membanggakan, Luky juga langsung diterima kuliah di Universitas Bina Nusantara, melalui beasiswa,” kata Nani.

Nani juga menegaskan, seharusnya Luky diterima kuliah di ITB, namun karena waktunya bertepatan dengan keberangkatannya ke Rusia, sehingga masuk ITB di tunda. “Alhamdulillah dari pihak Universitas Bina Nusantara justru memberikan kesempatan kepada Luky untuk kuliah di Bina Nusantara melalui Beasiswa,” paparnya.

“Ada kerbanggaan kami atas prestasi yang diraih Luky. Sebagai pengabdiannya kepada sekolah, SMKN 1 Kota Bogor akan membuka ekstra kurikuler (eskul) baru yakni Eskul Disigen Grafis, dimana pembina Eskulnya, akan ditangani langsung oleh Luky sendiri. Semoga saja dengan Luky terjun langsung sebagai instruktur diharapkan akan muncul Luky Luky lain,  yang juga akan meraih prestasi di tingkat dunia,” katanya  (ber/ar/mam)

Sumber : http://www.metropolitan.id/2019/09/luki-wiranda-duduki-peringkat-delapan-dunia/
]]>
Siswi SMK Negeri 1 Kota Bogor Terbang ke Yunani https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/21/siswi-smk-negeri-1-kota-bogor-terbang-ke-yunani/ Wed, 21 Aug 2019 05:05:37 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/?p=995 METROPOLITAN.id – Setalah memberangkatkan Luki Wiranda, siswa SMK Negeri 1 Kota Bogor, jurusan Multi Media, ke ajang  Lomba Designgrafis, World Skills Competition (WSC) tingkat Dunia  di kota Kazan, Rusia. Kini satu lagi prestasi pelajar asal Kota Bogor yang kembali akan ‘menggoyang’ jagat hiburan, yakni Meissy Herawaty Eryana, Siswa kelas X, SMK Negeri 1 Kota Bogor, yang akan membawa misi kebudayaan Indonesia, ke kota Agrinio, Yunani.

Di tengah kesibukkan menjelang keberangkatannya ke Yunani, Meissy Herawaty Eryana, kepada Metropolitan menjelaskan,  keberangkatannya  ke  Kota Agrinio,  Yunani,   untuk membawa misi kebudayaan Indonesia dalam ajang 3th International Folkloric Festival, yang akan berlangsung tanggal 20 hingga 27 Agustus 2019, dimana Meissy akan membawakan tarian dari daerah Jawa Barat yaitu Jaipongan dengan  judul Subali Sugriwa.

“Selain tari Jipongan,  saya juga akan membawakan beberapa tari daerah Sunda klasik lainnya yakni,  Tari Merak, Tari Topeng, Tari Rahwana Sinta dan juga membawakan tema tarian bebas berjudul Mojang Priangan dimana tarian ini nantinya saya akan mengajak seluruh penonton di Yunani untuk bersama sama melantai,” kata Meissy.

Meissy juga menjelaskan “Membawa misi kebudayaan Indonesia keluar negeri, bukan kali pertama bagi saya, Tahun 2017 lalu, saya juga pernah membawa misi kebudyaan Indonesia ini, ke Taiwan, dan Alhamdulillah, untuk tahun 2019 ini, saya bersama sanggar komunitas, kembali diberikan  kepercayaan untuk mermbawa misi kebudayaan Indonesia ke Yunani” ungkapnya.

Wakil Kepala SMK Negeri 1 Kota Bogor bidang Humas, Nani Maryani, menjelaskan, untuk kesekian kali, siswa-siswi SMK Negeri 1 Kota Bogor, kembali menunjukkan prestasinya di tingkat dunia.

“Kenapa Meissy dalam misi kebudayaan Indonesia ini, membawakan aneka seni tari dari daerah Jawa Barat, mengingat Meissy memang orang Bogor yang kental dengan kebudayaan. Sehingga sangat pas sekali keberangkatannya ke Yunani, Meissy  sambil mempromosikan kebudayaan Indonesia khususnya Budaya Sunda,” kata Nani.

Nani menambahkan, Meissy masuk ke SMKN 1 Kota Bogor, dengan menggunakan Jalur Prestasi (Japres) bidang seni tari. Dirinya berharap, semoga dengan berangkatnya Meissy ke luar negeri dengan membawa misi kebudayaan, ini akan menjadi motivasi khusus bagi siswa siswi SMKN 1 Kota Bogor. “Sebagai pemacu agar mereka juga bisa berprestasi, baik di tingkat lokal, regional, nasional hingga ke tingkat internasional,” tandasnya. (ber/ar/suf)

]]>
Anugerah Atikan Jabar 2019 https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/20/anugerah-atikan-jabar-2019/ Tue, 20 Aug 2019 03:01:22 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/?p=964
  • Kategori : Atikan Jabar 2019
  • Tanggal Pelaksanaan : 25-11-2019
  • Lokasi : Halaman Depan Gedung Sate
  • Pelaksana Kegiatan : Bandung.
  • A. LATAR BELAKANG

    Indonesia merupakan negara dengan Sumber Daya Alam (SDA) berlimpah. Kekayaan yang dimiliki Bangsa Indonesia akan terus berkurang dan cenderung dimanfaatkan pihak-pihak lain (asing) bila tidak diimbangi oleh daya saing anak bangsa. Berdasarkan fenomena di atas, perlu dilakukan upaya-upaya untuk menumbuhkembangkan peran serta masyarakat dalam menanggulangi permasalahan yang ada. Untuk itu, perlu diselenggarakan kegiatan Lomba Karya “ANUGERAH ATIKAN JABAR” dengan tema “Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran di era Industri 4.0”.

    Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana para pemangku kepentingan (stakeholders) pendidikan saling bertukar pikir, asah, asih dan asuh untuk bersama memikirkan masa depan bangsa melalui pendidikan. Selain itu, lewat kegiatan ini stakeholders pendidikan dapat saling berkompetisi secara obyektif dan ilmiah untuk terus menelurkan ide-ide inovatif  bagi kemajuan Bangsa dan Negara.

    B. TUJUAN

    1. Sebagai sarana berkarya masyarakat yang peduli pendidikan di Jawa Barat;
    2. Menumbuhkan atmosfer riset di lingkungan Pendidikan Jawa Barat;
    3. Berperan serta aktif dalam membangun masyarakat yang kritis, inovatif dan berdaya saing.

    C. LOGO LOMBA DAN ARTINYA

    Arti dari Logo tersebut :

    1. Tulisan “ANUGERAH ATIKAN JABAR” melambangkan nama kegiatan;
    2. Logo A berbentuk Bintang dan menyiratkan tulisan “ATIKAN” melambangkan terdepan dalam bidang media Pendidikan;
    3. Bola yang mengorbit mengartikan kemampuan penguasaan teknologi.

    D. KATEGORI LOMBA

    Pada kegiatan ini mata lomba yang akan dilaksanakan yaitu:

    1. Whiteboard Animation for Digital Media at Classroom;
    2. Media Interaktif;
    3. Film Dokumenter;
    4. 3D Modelling;
    5. Visualisasi Pembelajaran AR;
    6. Produk Kreatif Pembelajaran Teknologi;
      1. Waste Recycle;
      2. Internet of Things;
      3. Robotika;
      4. Perikanan;
    7. Sekolah Berbasis TIK.

    E. PESERTA

    Peserta kegiatan ini, terdiri dari:

    1. Guru (perorangan);
    2. Peserta Didik Sekolah Menengah sederajat (perorangan/kelompok);
    3. Guru dan Peserta Didik Sekolah Menengah sederajat (kelompok);
    4. Satuan Pendidikan.

    F. JADWAL KEGIATAN

    Jadwal kegiatan adalah sebagai berikut :

    1. Sosialisasi : 14 Juli 2019
    2. Pendaftaran : 19 Agustus – 26 Agustus 2019
    3. Seleksi Berkas Pendaftaran : 27 – 31 Agustus 2019
    4. Pengumuman Seleksi Berkas : 01 September 2019
    5. Video Conference : 02 – 10 September 2019
    6. Waktu Pembuatan Karya : 11 September – 31 Oktober 2019
    7. Pengumpulan Produk Hasil Karya : 18 September – 31 Oktober 2019
    8. Seleksi Hasil Karya/Penjurian : 08 November – 15 November 2019
    9. Final Kegiatan : 23 – 24 November 2019
    10. Anugerah Atikan 2019 : 25 November 2019

     

    G. PENANGGGUNG JAWAB KEGIATAN

    1. Whiteboard Animation for Digital Media at Classroom : Cepy Wahyudin
    2. Media Interaktif : Hadi Darianto
    3. Film Pendek:
    – Kearifan Lokal
    – Pariwisata
    : Risca Nogalessa
    : Ani Nuraeni
    4. 3D Modelling : Faizal Arief Priatna
    5. Animasi Pembelajaran AR : Agung Purnomo
    6. Produk Kreatif Pembelajaran Teknologi:
    – Waste Recycle
    – Internet of Things
    – Robotika
    – Perikanan
    : Ramadin Tarigan
    : Ramadin Tarigan
    : Hendry Cahya Irawan
    : Rudi Haryadi
    7. Sekolah Berbasis TIK (SeBaTIK) : Tjetjep Rony Budiman

     

    H. TEMPAT KEGIATAN

    Halaman Gedung Sate

    I. KETENTUAN UMUM

    1. Peserta wajib melakukan pendaftaran melalui form yang bisa diakses melalui link FORM PENDAFTARAN (melampirakan surat pernyataan dari kepala sekolah)
    2. Persyaratan administrasi harus sesuai dengan ketentuan masing-masing lomba (periksa ketentuan masing-masing lomba);
    3. Peserta wajib mengikuti Video Conference yang telah dijadwalkan oleh panitia lomba tentang penjelasan teknis lomba;
    4. Peserta wajib terdaftar pada Massive Open Online Course (MOOC) Tikomdik untuk memperoleh informasi mengenai materi lomba;
    5. Massive Open Online Course (MOOC) Tikomdik digunakan untuk komunikasi antara Trainer dan Peserta;
    6. Peserta wajib mengikuti MOOC Tikomdik sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh panitia lomba;
    7. Massive Open Online Course (MOOC) Tikomdik digunakan untuk mengunggah hasil karya lomba;
    8. Hasil karya berupa produk/alat peraga/prototype harus dikirimkan ke Tikomdik;

    I.1. Proses Pendaftaran dan Pengiriman Karya:

    1. Pendaftaran dan pengumpulan karya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2019 sampai dengan 31 Oktober 2019;
    2. Pengumuman karya yang lolos pada tanggal 15 November 2019. Panitia akan memilih 6 (enam) karya yang akan diseleksi ulang. Peserta dapat melihat finalis lomba pada laman Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menu TIKOMDIK;
    3. Saat Final Lomba, peserta yang lolos wajib membawa hasil karya berupa CD/DVD/Produk/Alat Peraga/Prototype;
    4. Presentasi hasil karya pada tanggal 23 – 24 November 2019;
    5. Pengumuman pemenang karya pada tanggal 25 November 2019.

    I.2. Teknis MOOC (Massive Open Online Course)

    Pelaksanaan lomba Anugerah Atikan 2019 mensyaratkan peserta lomba untuk melakukan:

    1. Pendaftaran melalui website MOOC Tikomdik;
    2. Mengikuti MOOC Tikomdik minimal 90% sesuai jadwal yang telah ditentukan;
    3. Berinteraksi dengan Trainer MOOC Tikomdik untuk pembahasan Materi Lomba agar hasil karya yang dihasilkan bermanfaat bagi yang membutuhkan;
    4. Mengunggah dokumen persyaratan administrasi, deskripsi hasil karya yang akan dibuat baik dokumen maupun video pembuatannya;

    I.3. Teknis Video Conference

    Tahapan Lomba ATIKAN dimulai dari:

    1. Pendaftaran Lomba
    2. Bergabung dengan Vicon sesuai dengan nama yang terdaftar
    3. Vicon dengan Trainer
    4. Mengikuti MOOC Tikomdik sesuai mata lomba

    informasi lebih lanjut hubungi :

    +62 857-9705-1518 (Whtasapp Chat Only)

    ]]>
    SMKN 1 Bogor Gelar Upacara HUT ke-74 RI https://smkn1bogor.sch.id/2019/08/19/smkn-1-bogor-gelar-upacara-hut-ke-74-ri/ Mon, 19 Aug 2019 02:05:45 +0000 https://smkn1bogor.sch.id/baru/?p=951

    Bogor – Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, SMKN 1 Bogor menggelar upacara bendera di Lapangan SMKN 1 Bogor, Sabtu (17/8/2019).

    Ada yang spesial dalam pelaksanaan upacara HUT RI Ke 74 di SMKN 1 Bogor kali ini yakni selaku Pembina Upacara adalah bapak Camat Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Yaitu R. Asep Kartiwa, SE. Adapun peserta upacara kali ini adalah

    1. MUSPIKA, Lurah
    2. Ormas/OKP
    3. Babinsa
    4. Babinmas
    5. GURU dan TU SMKN 1.BOGOR
    6. SISWA KELAS X AK 1, 2, 3
    7. Staf kecamatan dan Staf Kelurahan.

    Pada Acara Upacara yang yang diselenggarakan di Lapangan SMKN 1 Bogor itu pasukan Paskibra Tarus Bawa Muda melaksanakan pengibaran bendere dengan sangat baik. Upacara berlangsung dengan sangat khidmat dengan membacakan teks proklamasi oleh bapak camat Tanah Sareal.

    ]]>